Ikuti kami di Google News. Follow

KEHILANGAN GRUB

Para Newbie di dunia Linux sering sekali gonta-ganti sistem operasinya untuk memenuhi ambisinya melihat dan menikmati keragaman distro yang ditawarkan di dunia Linux. Terlalu seringnya berganti distro terkadang menjadikan boot loader yang telah teristal dengan baik menjadi hilang alias rusak.


Untuk mengatasi hal yang sangat penting ini kita dapat memanfaatkan System Rescue CD sebagai Live CD yang akan kita pakai untuk mereparasi grub yang telah hilang itu. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.Siapkan Live CD atau Live CD System Rescue
2.Masuk ke sistem terminal pada Live CD kemudian masukkan perintah
% grub
grub>
3.Setelah masuk ke grub, ketikkan perintah untuk mendapatkan informasi file stage1 yang terdapat pada komputer kita. File stage1 dibutukan untuk membentuk file setup grub. Adapun perintahnya adalah :
grub> find /boot/grub/stage1
(hd0,4)
(hd0,5)
(hd0,6)
4.Dari pencarian di stage1 di atas ditemukan bahwa ada tiga file pada stage1 berarti ada 3 distro (sistem operasi) yang ada dalam komputer kita. Semisal pada grub yang kita akan hidupkan adalah di distro yang terdapat pada (hd0,5) maka dapat kita ketikkan :
grub> root (hd0,5)
5.Lanjutkan dengan menginstalasi grub ke mbr (master boot record), kemudian keluar dari grub.
grub> setup (hd0)
grub> quit
6.Setelah semuanya selesai, kita reboot komputer kita, maka insya Allah grub yang kita sayangi telah kembali lagi. Selamat mencoba.... semoga sukses....


About the Author

Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

1 komentar

  1. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.