Ikuti kami di Google News. Follow

Mendistribusikan Java ke Windows

Sekiranya kita memang aneh ketika menggunakan Java tapi pengen mengeksekusinya dalam bentuk *.exe. Kenapa aneh? mari kita bahas bersama.
Java yang terkenal dengan multi platform dan multi guna (wah... kayak panci ajaib aja...) sangat ironis kalau kita menjadikan hasil inspirasi kita yang telah kita tuangkan di bahasa pemrograman Java (ya... kalau mau enak ya pake netbeans atau pakai eclipse). Eh... kok malah mau ndadak dibuat exe yang secara tidak langsung hanya menguntungkan mbah Bill Gates (hehehehe) "maaf ya mbah.... aneh nggak ngejek, habis ente terlalu kaya... sich... ayo dizakati donk....".
Tapi tak mengapalah, kalau seandainya saudara-saudara mau mengeksekusi file java yang telah kita buat, ada beberapa tipsnya kok.... and gak harus dijadikan file *.exe. Alias banyak cara untuk menuju Roma tanpa harus lewat Israel.... ya... nggak...?

Cara pertama (mengeksekusi file java di windows tanpa jadikan *.exe)

Kita tahu bahwa ketika kita mengcompile file java yang telah kita buat maka akan terbentuk file *.jar (nah... ini file hebat yang multi platform). Kalau mau jalankan file ini di windows ya... tentunya tinggal double click aja... (gak repot kok). Nah.. kalau di Linux (OpenSuse 10.3) ya.... tinggal click kanan dan pilih run atau run pakai java. Heheheheeheee asyik kan.......


Cara kedua (menjadikan file java jadi file *.exe)

Nah... kalau emang udah kepepet... ni baru kita pakai.... caranya cukup mudah... ada toolnya kok... tinggal di download aja di www.duckware.com/download/install-jexepack.exe langsung bisa diinstall di dunia Bill Gates and langsung siap untuk menjadikan kita orang kaya... ("tapi jangan lupa zakat dan bantu fakir miskin ya....").


Ya... sementara itu dulu dech .... yang penting mana yang terbaik untuk kita jalankan, ya.... lakoni aja.... jangan lupa ingat sama Allah yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua...

Semoga kita dapat menjadi manusia yang dapat bersyukur kepadanya.... Amin Allahumma Amin.....

Yuk Belajar lagi.... to be continued.................

About the Author

Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

1 komentar

  1. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.