Ikuti kami di Google News. Follow

Internet dengan Linux + Ponsel CDMA

Internet memang telah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan lagi, terutama bagi siswa dan mahasiswa. Akses internet yang murah dengan keamanan yang baik sangat diharapkan. Bagaimanakah untuk mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan? Mari kita jawab bersama. OK.

Linux merupakan sistem operasi yang aman, nyaman, dan stabil. Keamannnya dari virus telah teruji dengan baik. Karena sampai dengan saat ini (09 April 2008) jam 16.15 WIB tak satupun virus yang menyerangnya. Nyaman karena kekhawatiran akan diserang para penyusup juga kemungkinan kecil terjadi. Stabilitasnya pun teruji, apalagi kalau kita menggunakan distro yang telah benar-benar stabil dan ulet di bidangnya. OpenSuse 10.3 misalnya merupakan distro yang aduhai, layak untuk dinikmati kehandalannya. Distro ini terasa lebih nyaman bila dibandingkan dengan Windows XP, bahkan Vista yang terlalu banyak peringatan ketika kita memakainya.
Praktik ini telah penulis praktikkan di distro OpenSuse 10.2 dan OpenSuse 10.3 tapi tidak menutup kemungkinan untuk distro-distro yang lainnya semisal Ubuntu, Kubuntu, Mandriva, Mandrake, Linux Minth dan ribuan distro yang lainnya kemungkinan caranya sama. Ah gak usah banyak cingcong.... ayo kita langusung aja ke pokok materinya, yakni internetan dengan modal HP CDMA dan Linux pokoknya OK banget dech....
Sebelum kita mulai siapkan dulu perangkat yang dibutuhkan. Diantara perangkat yang dibutuhkan adalah :
1. Seperangkat komputer dengan sistem operasi berbasis linux.
2. HP CDMA semisal Nokia 2116 + SIM Card (enaknya pake StarOne ja... kayaknya paling murah)
3. Konektor (misal Kabel DKU 5)
4. Snack (bila diperlukan hehehe, ngenet enaknya sambil makan cemilan kan....??)
Setelah semua perangkat yang dibutuhkan siap, maka kita jalankan misi kita untuk koneksi internet dengan HP CDMA plus pake Linux (Aman, Nyaman namun bukan Murahan). Ah gak usah basa basi ayo langsung aja ya....
Biar lebih keren ayo kita bukan Konsole. Setelah itu ikuti langkah-langkah yang mengasyikkan ini. “Ayo cepat jangan bikin penasaran..... sebeeeell.....”
1.Ketikkan pada Konsole su (pada distro OpenSuse dam rekan-rekannya) dan sudo su (pada distro Ubuntu dan turunannya) untuk masuk ke dunia super mode (root) kemudian masukkan password root yang diminta.
2.# cd /etc
3.Edit file wvdial.conf dengan editor kesayangan anda. Misalnya pake kate
4.# kate wvdial.conf
5.Edit file wvdial.conf atau ganti dengan :
[Dialer cdma]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 115200
Init1 = AT+crm=1
Init2 = AT+cso=33
Init3 =
Area Code =
Phone = #777
Username =starone
Password =indosat
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 300
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1
6.Simpan dan tutup editor anda dan kembali lagi ke konsole
7.Tancapkan kabel DKU 5 dengan HP CDMA dan Port USB kemudian cek pada konsole
8.# dmesg
9.# wvdial cdma
10.Kalau proses telah menunjukkan berhasil koneksi, maka kita telah siap berselancar internet.

Demikian tips hari ini dari saya semoga dapat bermanfaat bagi semua pecinta Linux dan semoga dapat dikembangkan di kemudian hari. Amin Allahumma Amin.

About the Author

Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

1 komentar

  1. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.