Ikuti kami di Google News. Follow

Tutorial Instalasi OpenSuse 10.3

OpenSuse 10.3 merupakan sistem operasi yang nyaman untuk kita gunakan. Sebagian besar dari pengguna Linux sering memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan karena keamanan dan kemudahannya dalam penggunaan. Kedekatannya dengan Microsoft sebagai sistem operasi paling digemari saat ini juga mempermudah OpenSuse dalam pemanfaatannya dan dukungan terhadap hardware. Instalasinya pun cukup mudah, tinggal click and click kita dapat menginstallnya dengan penuh kenyamanan. Nah.. bagi yang kebingungan dan penasaran cara instalasi OpenSuse 10.3 berikut saya coba untuk sedikit membantu tentang instalasi OpenSuse 10.3.

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Linux merupakan sistem operasi yang sangat aman, nyaman, dan mudah untuk digunakan. Keamanannya dapat kita lihat pada sisi sangat jarangnya Linux terserang penyakit seperti virus, worm, dan lain sebagainya. Kenyamannya akan kita rasakan ketika kita tidak lagi terbentur oleh banyaknya lisensi komersil layaknya di sistem operasi Windows. Kemudahan yang sering digembor-gemborkan menjadi salah satu kendala menggunakan Linux sangatlah tidak berlasan. Sulit itu terjadi karena tidak biasa, sebagaimana tak kenal maka tak sanyang.

Trend 2008 ini di dunia sistem operasi komputer di Indonesia adalah banyaknya sweeping besar-besaran dari Microsoft untuk Windows bajakan dan program-program proprietary bajakan. Hal ini berimbas pada banyaknya pengguna komputer yang ingin pindah ke sistem operasi yang lebih murah dan aman serta nyaman.

Salah satu sistem operasi berbasis Linux (distro Linux) yang mungkin sangat cocok menjadi alternatif adalah OpenSuse, di mana saat ini (April 2008) OpenSuse telah sampai pada versi 10.3.

B. TUJUAN

Tak ada sesuatupun yang kita kerjakan yang tak didasari tujuan, demikian pula makalah ini penulis susun dengan tujuan :

1. Memenuhi tugas Mata Kuliah Sistem Operasi.

2. Menambah koleksi dokumentasi tenteng distro OpenSuse 10.3

3. Memasyarakatkan Linux sebagai solusi alternatif pengganti Sistem Operasi yang terlampau mahal.

C. PERUMUSAN MASALAH

Pada makalah ini hanya membahas hal-hal sebagai berikut :

1. Persiapan pra instalasi OpenSuse 10.3

2. Instalasi OpenSuse 10.3

3. Tools-tools yang powerfull di OpenSuse 10.3


BAB II

PEMBAHASAN

A. PERSIAPAN PRA INSTALASI OPENSUSE 10.3

Sebelum kita menginstall distro OpenSuse 10.3 ada beberapa ketentuan yang mungkin harus kita pertimbangkan. Karena distro OpenSuse 10.3 merupakan distro yang sangat kompleks dan memerlukan banyak sumber daya hardware yang lumayan tinggi. Akan tetapi jangan khawatir untuk komputer yang memiliki hardware minim dapat menggunakan versi Limitednya yakni bisa hanya menginstall OpenSuse 10.3 pada mode teks atau memilih jenis desktop yang ringan seperti XfCe.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita melakukan installasi adalah :

1. Persiapkan CD / DVD OpenSuse 10.3, CD/DVD ini dapat kita peroleh dengan membelinya dengan memesan di www.tokobaliwae.com ataupun di www.toko-farazinux.blogspot.com.

2. Hardware standar yang dibutuhkan dengan spesifikasi setara dengan :

a. Processor Intel Pentium III

b. Memory (RAM) 256 MB

c. Harddisk 10 GB

d. DVD Combo / DVD Rom / DVD RW

e. Hardware yang lain menyesuaikan

3. Untuk pemula yang baru pertama kali menginstall distro Linux OpenSuse 10.3 ada baiknya menyiapkan panduan dapat mencari di www.vavai.com/blog/index.php@_2fcategories_2f13-migrasi-windows-ke-linux.htm ataupun di http://news.softpedia.com/newsTag/openSUSE.

B. INSTALLASI OPENSUSE 10.3

Setelah persiapan kita lakukan baik dari sisi software maupun hardware, kita dapat melakukan installasi. Langkah-langkah installasi OpenSuse 10.3 adalah sebagai berikut :

1. Atur pada BIOS agar booting pertama kali pada CD / DVD untuk pengaturan ini tidak dibahas pada makalah ini, untuk mengatur Booting pada Bios mengacu pada MotherBoard masing-masing.

2. Booting DVD OpenSuse 10.3 sehingga muncul gambar seperti di bawah ini :

Terdapat 6 pilihan pada gambar di atas, bahasa pada saat installasi ini dapat kita ganti dengan bahasa yang kita dengan menekan F2 pada Keyboard. Untuk melakukan installasi pilih Installation kemudian tekan enter.

3. Proses persiapan installasi akan dilakukan dengan ditandai progress bar seperti gambar di bawahi ini :

4. Terdapat kotak dialog untuk melakukan media Check, jikalau kita ingin memastikan bahwa DVD OpenSuse 10.3 yang kita gunakan untuk proses installasi ini tidak terjadi kerusakan maka kita click start check, kalau ingin langsung ke tahap selanjutnya click next.

5. Selanjutnya kita dihadapkan pada persetujuan lisensi, tenang saja di sini lisensinya tidak lisensi kayak di windows kok yang menuntut keuangan. Di sini merupakan lisensi GPL. Kita pilih Yes, I agree to the lisense agreement, selanjutnya click next.

6. Sistem akan melakukan analisa dengan ditandai seperti gambar di bawah ini

Selanjutnya kita click next.

7. Tahap selanjutnya adalah kita diminta untuk memilih model installasi, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Pada tahap kali ini kita pilih New Installation, kemudian pilih Next.

8. Dunia Linux adalah dunia jaringan, maka tahap selanjutnya adalah pilihan untuk mengatur jaringan langsung atau diskip saja.

Untuk pengaturan jaringan pilih Yes, Run the Network Setup dan click nest

9. Kemudian pada pengaturan DHCP (Dinamic IP Address) kita pilih automatic saja.

Selanjutnya kita pilih next.

10. Proses selanjutnya kita atur IP Adress dengan pada kotak dialog yang telah disediakan :

Selanjutnya click next.

11. Jika komputer kita terhubung dengan Internet maka kita dapat memilih reporsitory yang sesuai dapat kita atur pada kotak dialog berikut :

Selanjutnya click next.

12. Kemudian proses akan dilakukan dan click next.

13. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan time zone, ini seperti di windows, dapat kita lihat pada screen shoot berikut :

Kemudian click next.

14. Nah, pada bagian ini adalah bagian terpenting, karena pada bagian ini kita dapat mengatur partisi, software yang ingin diinstall dan bahasa apa saja yang ingin kita gunakan pada komputer kita nantinya. Selanjutnya click Next.

15. Pada saat kita memilih aplikasi-aplikasi yang kita inginkan, ada kemungkinan beberapa aplikasi merupakan aplikasi yang mempunyai jenis lisensi tersendiri terlepas dari OpenSuse 10.3 untuk itu pada saat konfirmasi lisensi kita pilih OK. Kemudian next.

16. Selanjutnya proses installasi akan dilakukan, mungkin akan memakan banyak waktu, kurang lebihnya bisa lebih dari 30 menit. Proses installasi akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Setelah semua proses selesai lanjutkan ke proses berikutnya.

17. Berikutnya adalah proses perform installasi

18. Kemudian komputer akan meminta untuk direboot.

19. Setelah reboot maka kita akan diminta untuk menentukan root password

Selanjutnya click next

20. Proses selanjutnya menentukan hostname dan domain native

Setelah kita isi, maka dapat kita click next.

21. Selanjutnya kita disuguhkan untuk mengatur konfigurasi hardware jika dirasa sudah sesuai dengan konfigurasi network komputer kita, tinggal kita pilih radio button Skip Configuration dan click next.

22. Selanjutnya kita isi user biasa yang akan kita gunakan. Tak lupa pada pengisian user juga kita diminta mengisikan password user.

23. Proses selanjutnya komputer akan menyimpan

24. Selanjutnya adalah release notes yang menampilkan release dari OpenSuse 10.3 termasuk juta lisensi yang ada di OpenSuse 10.3

Selanjutnya kita click next.

25. Secara otomatis OpenSuse 10.3 akan menginspeksi seluruh hardware yang ada dan mengkonfigurasinya. Akan tetapi bila ada yang tidak sesuai, maka dapat kita kofigurasikan sendiri.

26. Kemudian terdapat konfirmasi yang menunjukkan bahwa installasi telah selesai. Kemudian click next.

27. Selanjutnya OpenSuse 10.3 akan loading dan menuju desktop defaultnya yakni KDE 3.5

28. Untuk pertama kali, screen OpenSuse 10.3 akan menampilkan screen shoot sebagai berikut :

Demikian tahap-demi tahap telah kita lalui bersama OpenSuse 10.3 dalam proses installasinya. Sistem operasi yang aman, nyaman dan mudah digunakan siap menemani kita dalam melakukan proses komputasi di berbagai bidang.

C. TOOLS-TOOLS DI OPENSUSE 10.3

1. Yast

Yast merupakan control center yang sangat powerfull di OpenSuse 10.3. Tools ini merupakan andalan dari OpenSuse 10.3. Tools ini berguna seperti Control Panel di Windows.

2. Kerry Beagle

Tools ini digunakan untuk mencari aplikasi yang terinstall di OpenSuse 10.3 selain itu tool ini juga dapat digunakan untuk mencari file lainnya. Tool ini juga telah terintegrasi di start menunya.


BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dari uraian yang cukup lengkap di atas dapat kita simpulkan bahwa proses instalasi OpenSuse 10.3 sangatlah mudah dilakukan. Tidak serumit yang selama ini kita bayangkan. Penulis telah beberapa kali menginstall distro linux termasuk OpenSuse 10.3 kali ini sengaja penulis pilih sebagai salah satu tugas mata kuliah Sistem Operasi.

Proses Installasi yang telah didukung mode grafis juga cukup membantu proses installasi. Tidak seperti yang selama ini kita bayangkan proses installasi distro Linux encurse atau mode text yang lumayan membingungkan.

B. SARAN

Ada beberapa saran yang ingin penulis utarakan pada makalah ini, diantaranya adalah :

1. Dunia berkembang layaknya roda yang berputar jadi jangan sampai kita terkecoh hanya dengan mempelajari satu jenis sistem operasi.

2. Kalau ada yang murah dan aman kenapa kita pilih yang mahal dan rawan.

3. Pastikan komputer anda terinstall linux untuk melindunginya dari serangan virus dan razia software bajakan.


About the Author

Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

1 komentar

  1. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.