Ikuti kami di Google News. Follow

Instalasi Java di Windows

Perkenalan pertama tentang JAVA .... Selanjutnya yuk belajar sama-sama....


Berbagai bahasa pemrograman menawarkan berbagai kelebihan. Kemudahan dalam coding adalah salah satu tawaran yang cukup banyak diminati. Akan tetapi lebih dari itu karena perkembangan komputer yang terus berlanjut, perlu juga adanya sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi dan platform hardware. Basil olahan pemrograman tidak cukup hanya bisa dijalankan di lingkungan Windows, tetapi juga diharapkan juga dapat berjalan di lingkungan Macintosh, Linux, Unix, bahkan sistem operasi yang lain.

Untuk menjawab tantangan itu, maka JAVA merupakan bahasa pemrograman yang cukup dapat diandalkan untuk digunakan sebagai bahasa pemrograman standard. Nah, yang jadi pertanyaan bagaimana kita bisa memulai menggunakan JAVA..?? Bagaimana cara instalasinya. Yuk kita jawab bersama....



Sebelum melangkah pada tahap instalasi, siapkan terlebih dahulu master aplikasi yang dibutuhkan. Untuk dapat melakukan pemrograman JAVA setidaknya kita harus memiliki J2SE JDK (Java Development Kit) dan dokumentasi API. Tenang aja, kedua komponen itu disediakan gratis kok download aja keduanya dari website Sun Microsystem (http://java.sun.com).
Oh... iya hampir aja lupa, kalau kita hanya ingin menjalankan aplikasi-aplikasi JAVA, kita hanya memerlukan JRE (Java Runtime Environment). Nah... kalau JRE selain dapat didapatkan dari website Sun Microsystem, juga telah include pada waktu kita install OpenOffice 2.4. Enak.... kan....?? Tetapi kalau kita menginginkan untuk dapat melakukan pemrograman, kita harus menginstal JDK. Oce....!!

Eh.... jangan stop dulu.... setelah instalasi JDK dan JRE jangan lupa setting dulu Environment Variable. Hal ini hampir saja terlupakan waktu saya pakai Windows... soalnya kalau pas pakai LINUX (OpenSuse 11) gak perlu melakukan hal ini sih... dah otomatis tertata dengan baik.... wehehehehee...

Langkah-langkahnya... click kanan pada My Computer --> pilih Properties, maka akan ditampilkan window System Properties. Pada window System Properties ini pilih tab Advanced kemudian click Environment Variables. Setelah itu akan tampil jendela Environment Variables. Kalau dah sampai situ tambahkan 3 variable dengan ketentuan sebagai berikut :

  • JAVA_HOME = {dir istalasi}
  • PATH = {dir instalasi}/bin
  • CLASSPATH = .;{dir istalasi}/lib/tools.jar



    Kalau sudah selesai sampai situ cek settingan dengan cara menjalankan DOS Promt atau Command Promt dengan mengetikkan "java -version" dan "javac" gak pakai tanda petik ya....!!! Kalau keduanya dikenali dengan baik berarti settingan yang telah kita lakukan sudah benar.

    Yuk rame-rame belajar bahasa kita sendiri... Bahasa JAVA dijamin tidak akan ngantuk kalau kita belajar bahasa ini karena Secangkir Kopi Tubruk Hangat Akan Selalu Menemani Kita....



  • About the Author

    Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

    2 komentar

    1. WINDASARIH DI BENGKULU
      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    2. Unknown
      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    Cookie Consent
    We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
    Oops!
    It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
    AdBlock Detected!
    We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
    The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
    Site is Blocked
    Sorry! This site is not available in your country.