Ikuti kami di Google News. Follow

Asyiknya Belajar Bersama Linux


Sering kebanyakan dari kita menganggap bahwa Linux adalah sebuah sistem operasi proyek sambatan sehingga menghasilkan kualitas yang tak bermutu. Hal ini sangat tidak benar, coba kita telusuri satu per satu keuntungan kita menggunakan Linux.

Pernahkah kita bayangkan menggunakan sistem operasi bebas virus?
Kita sadari ataupun tidak kita sering merasa direpotkan dengan banyaknya virus yang mengganggu pekerjaan kita bersama komputer kesayangan. Di Sistem Operasi Ndongkrok ("Windows") (maaf ndongkrok berarti desktop dalam bahasa Jawa kami). Ribuan bahkan mungkin jutaan virus telah siap menghadang, mengganggu, bahkan tidak jarang merusak pekerjaan yang telah kita buat dengan bercucuran keringan, air mata dan darah (wah kayak perang tuch.....). Sering document kita yang kita buah dengan Ms. Word hancur jadi *.exe ataupun *.scr atau yang lain dech, alternatif mungkin kita simpan dengan format *.rtf. Tapi hal itu tidak serta merta mengatasi masalah. Karena sering document yang kita buat terselipi dengan gambar, object dan lain sebagainya yang menjadikan document yang kita buat membengkak sampai puluhan bahkan ratusan kali lipat.
Jutaan hal lain senantiasa menghantui kita dalam menggunakan sistem operasi buatan Microsoft Corporation ini. Ya... kita harap di lain waktu Microsoft dapat memperbaiki kinerjanya, sehingga harganya yang selangit itu sesuai dengan kinerjanya.
Linux & OpenSource bebas kejaran "Mbayar"
Sebagai warga negara yang taat hukum dan suka dengan penegakan hukum, kita tidak pantas menuduh pemerintah berbuat korupsi, maling dan sebagainya kalau kita sendiri maling. Ya.... apa boleh dikata komputer yang kita gunakan sehari-hari ternyata beroperasi dengan sistem operasi curian. "Apa kita gak malu?" Ya... be to our self dech.....
Cerita dan kisah kita akan jadi beda kalau kita pake yang betul-betul free dan halal. Ya... emang sedikit repot bila kita bandingkan dengan pake punyaknya mbah Bill Gates, tapi nggak ada yang sia-sia dari rasa repot yang kita buat. Hal yang repot akan menjadi manis tatkala kita dapat mengatasinya.
Setting dan Konfigurasi yang menyenangkan
Driver hu... kadang memusingkan kita, pa lagi di lingkungan Windows yang selalu driver dan driver. Tatkala kita install, ya... hal yang tidak boleh kita lupakan adalah sediakan setumpuk CD / DVD Driver mulai motherboard sampai dengan Wireless Modem. Cerita lama di Linux yang dulu dikatakan primitiv tentang keberadaan Driver HardWare kini mulai terpendam dalam-dalam. Sekarang di lingkungan Linux telah tersedia berbagai macam driver, bahkan jika kita tidak temukan driver hardware kita di Linux kita toh bisa kanibalkan dengan driver milik Windows. Pokoknya asyik dech....
Sebenarnya masih ada segudang ungkapan untuk Linux.... dan OpenSource......
Ayo maju terus Linux di Indonesia.........................................................................

About the Author

Saya bukan siapa-siapa. Aku hanyalah seorang yang ingin berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kini ku coba berkecimpung di dunia yang penuh maya. OpenSource dan sistem operasi gratis merupakan tempat belajarku tiap hari. OK Ayo... maju terus pen…

3 komentar

  1. huaaaa... kang mase...
    aku numpang lewat yooo...
    xixixi
    sukses yoo...
  2. mas azis tukeran link yo, link ku : andi-hardianto.tk, matur nuwun
  3. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.